Kami merasa terhormat untuk mengerjakan project masjid AL-KAUTSAR di Polda Metro Jaya. Yang mana dalam hal ini pengerjaan kusen (doorframe) dan pintu (doors) serta kaligraphy dituntut untuk menggunakan kayu jati dengan grade terbaik. Adapun salah satu sebab mengapa kami betul-betul mencurahkan segenap kemampuan serta sumber daya yang kami miliki adalah karena ukuran dari kusen (doorframe) dan pintu (doors) benar-benar extra. Ukuran standard kusen yang biasa digunakan adalah 6cm x 12cm atau 5cmx15cm,namun dalam project masjid AL-KAUTSAR di Polda Metro Jaya ini menggunakan ukuran kusen 8cm x 28cm dengan tinggi kusen pintu diatas 3meter. Ketebalan dari pintu itu sendiri adalah 6cm.
Pembangunan Masjid AL-KAUTSAR Polda Metro Jaya diprakarsai oleh bapak Komjen Pol Drs.Makbul Padmanegara, yang saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya . Mesjid AL-KAUTSAR ini adalah sebagai pengganti Masjid Arif Fadillah yang dibongkar untuk gedung densus 88.
Peletakan batu pertamanya dilaksanakan pada hari jumat tgl 29 oktober 2004. Oleh Kapolda Metro Jaya pada saat itu, Irjen Pol Drs Firman Gani
Pembangunan mesjid ini kemudian dilanjutkan oleh Kapolda Metro Jaya yaitu Bapak Irjen Pol Drs.Adang Firman hingga terselesaikanya pembangunan masjid ini tanggal 31 mei 2008. Dengan demikian pembangunan keseluruhan fisik memerlukan waktu kurang lebih 3 tahun 7 bulan. Dengan keseluruhan biaya mencapai sekitar 12 Milyar rupiah.