unique dining tableFurniture Kayu Jati – Tahukah Anda bahwa biji kemiri dapat membuat furniture tetap mengkilap?

furniture kayu jati – clean teak furniture

Selain digunakan untuk menghitamkan rambut biji kemiri juga bermanfaat untuk merawat furniture kayu jati. Caranya adalah dengan membakar 5 biji kemiri tersebut sampai keluar minyaknya. Bungkuslah kemiri dengan kain kasa dan hancurkan dengan cara dipukul. Kemudian gosoklah furniture Anda dengan kemiri yang dibungkus kain kasa tadi. Lihat hasilnya, dan kini furniture Anda sudah mengkilap seperti baru lagi.

Tepung sagu atau disebut juga tepung kanji dan tepung maizena dapat digunakan untuk membersihkan furniture. Caranya taburkan tepung kanji ke furniture yang kotor penuh dengan bekas telapak tangan. Kemudian gosokkan secara merata sampai furniture kayu jati Anda terlihat bersih.

Air teh basi
– Gunakan sisa air teh basi untuk membersihkan furniture kayu Jati Anda, karena air teh basi sangat cocok jika digunakan untuk membersihkan furniture.

Air cuka

– Campurkan ¼ cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun, kemudian poleslah furniture kayu jati Anda dengan larutan tersebut.

– Larutan kedua : campurkan 2 sendok makan cuka dan 1 sendok makan air, ambil spons lalu celupkan ke larutan tadi setelah itu oleskan pada noda. Jika sudah, lap furniture kayu jati hingga kering. jika sudah selesai beri warna atau plitur furniture kembali.

Semir sepatu – Membersihkan furniture dengan semir sepatu netral adalah dengan cara mengoleskan semir sepatu pada lap kemudian digosokkan pada furniture jati.

Membersihkan noda air yang membandel

– Oleskanlah pasta gigi pada kain yang sudah dibasahi air, jika noda air agak susah dibersihkan maka gunakan washing soda ( soda ash ). Anda bisa membeli soda ash di toko bahan kimia. Jika masih belum bisa hilang noda tersebut, gosoklah dengan gabus.

– Campur abu gosok dengan sedikit minyak goreng kemudian gosokkan larutan ini pada furniture kayu jati Anda.

Untuk menghilangkan noda putih pada furniture Jati, Anda bisa mencelupkan kain ke dalam minyak goreng yang sudah dicampur dengan abu rokok. Gosokkan kain pada noda tadi hingga tidak ada lagi bekasnya. Cara lain yaitu menggunakan gabus yang dicelupkan ke dalam larutan minyak goreng dan abu rokok. Lalu gosok gabus tersebut pada noda setelah itu lab mebek dengan kain yang lembut higga kering.

Membersihkan bekas lelehan lilin pada furniture meja jati

Terkadang kita menaruh lilin diatas meja tanpa memberi alas dibawahnya, hal ini dapat dapat membuat lelehan lilin menetes diatas lilin sehingga sulit untuk dibersihkan. Namun jangan khawatir, ada cara untuk membersihkan lelehan lilin tanpa merusak furniture kayu jati Anda.

Caranya gunakan hair dryer (Pengering rambut) yang sudah dalam keadaan panas, lalu arahkan hair dryer ke bekas noda lilin tersebut sampai lilin meleleh lagi. Langsung saja Anda mengambil kain lap yang lembut atau tisu kemudian gosokkan ke furniture meja tadi hingga bersih. Langkah terakhir gosok lagi meja dengan kain basah yang sudah dicampur sedikit cuka.

Membersihkan bekas sticker yang menempel di furniture kayu jati

Anak-anak sering memasang sticker pada dinding, pintu, jendela atau furniture. Jika sudah lama pasti susah untuk dibersihkan, tetapi jangan sekali-kali mengerik noda tersebut menggunakan benda tajam karena dapat merusak furniture itu sendiri.

Teteskan sedikit minyak goreng pada sticker yang ingin dibersihkan, biarkan minyak meresap. Lalu gosok menggunakan kain yang lembut. Ulangi sampai sticker terlepas dan noda hilang.